5 Teknik dasar permainan bola basket

5 Teknik Dasar Permainan Bola Basket

5 teknik permainan bola basket

Basket merupakan permainan bola yang dilakukan oleh dua tim dan di setiap timnya terdiri dari 5 orang. Dalam satu pertandingan dilakukan 2 babak. Untuk memenangkan pertandingan bola basket, setiap pemain harus bisa menguasai teknik-teknik bola basket dengan baik.

Bola basket dimainkan di lapangan yang panjangnya 26 × 14 meter. Permainan ini dimainkan dengan dua babak dan tiap babaknya berdurasi 20 menit. Dengan istirahat 10 menit saja yang bisa digunakan untuk memulihkan tenaga sembari mendengarkan arahan pelatih setelah melakukan evaluasi sepanjang permainan berlangsung.

Berikut ini 5 teknik dasar permainan bola basket

1. Teknik menggiring (dribbling)

Teknik dasar dribbling bola basket sama seperti dribbling ada sepak bola yaitu membawa bola untuk menghindari lawan dan menyerang lawan. Perbedaannya adalah dribbling pada bola basket dilakukan dengan cara memantul-mantulkan bola menggunakan satu telapak tangan yang terbuka. Bukan menggunakan kaki seperti sepak bola.

Ada 2 teknik dribbling dalam bermain bola basket, yaitu:

a. Dribble tinggi
Dribble tinggi dilakukan untuk menggiring bola secara cepat memasuki pertahanan lawan. Biasa teknik ini dilakukan ketika lawan berada jauh dari pemain yang melakukan dribbling.

b. Dribble rendah
Teknik dribble rendah dilakukan untuk mempertahankan bola dari rebutan lawan. Teknik ini digunakan ketika sedang berhadapan langsung dengan pemain lawan dan ingin membuat terobosan yang memanfaatkan kelengahan pemain lawan.

Ingat, dalam melakukan keduanya teknik dribbling tersebut kamu harus memantulkan bola setelah melakukan 3 pergerakan/langkah. Karena jika lebih dari itu maka akan dianggap pelanggaran dan menguntungkan lawan

2. Teknik mengoper (passing)

Teknik passing merupakan teknik yang harus dikuasai oleh setiap pemain bola basket agar bisa bermain secara kolektif. Teknik passing adalah gerakan melempar bola ke arah pemain yang satu tim. Passing dapat kamu lakukan menggunakan 2 tangan atau 1 tangan saja. Tujuan melakukan passing adalah untuk menjaga bola dari rebutan lawan dan menyusun serangan terobosan yang matang atau gerak tipuan.
Berikut ini beberapa jenis passing yang bisa dilakukan:

a. Overhead pass
Teknik passing yang dilakukan dengan bola diatasi kepala. Umpan jenis ini dilakukan untuk melakukan counter attack dengan melempar bola jauh ke daerah pertahanan lawan. Teknik ini juga dapat dilakukan ketika kamu dijaga ketat oleh pemain lawan. Teknik overhead pass ini merupakan langkah yang tepat untuk mencegah bola direbut oleh lawan ketika kamu menghadapi kepungan lawan.

b. Chest pass
Teknik passing chest pass adalah teknik passing yang dilakukan dengan bola didepan dada. Teknik ini biasanya menggunakan dua tangan agar lemparan dapat lurus ke teman satu tim. Teknik ini adalah teknik paling sederhana dengan tingkat akurasi paling tinggi ketika melakukan lemparan ke arah pemain satu tim. Tips agar gerakan tidak terbaca oleh lawan adalah menggunakan gerakan tipuan. Cobalah untuk tidak melihat teman kamu secara langsung, karena hal ini akan membuat lawan dapat membaca pergerakanmu.

c. Bounce pass
Bounce pass adalah teknik passing yang dilakukan dengan cara memantulkan bola ke bawah kemudian baru diterima oleh teman satu tim. Teknik ini digunakan untuk menghindari hadangan lawan. Alasan menggunakan teknik ini sama seperti chest pass namun berbeda cara melakukanya. Kelebihan teknik ini adalah dapat mengecoh lawan dengan operan pantulan bola namun memiliki kelemahan jika dibandingkan dengan chest pass yaitu tidak bisa melakukan operan jauh seperti chest pass karena sangat sulit melakukan pantulan hingga jarak jauh.

3. Teknik pivot

Seperti namanya pivot artinya tumpuhan. Teknik pivot biasanya digunakan untuk melakukan gerak tipu yaitu dengan cara menggerakkan badan dengan tumpuhan salah satu kaki dan kedua tangan menjaga bola dari rebutan lawan. Kaki yang menjadi tumpuan tidak boleh bergeser saat memutar badan dan usahakan yang menjadi kaki tumpuan adalah kaki yang terkuat.

4. Teknik shooting

Teknik shooting merupakan teknik menembak langsung bola ke dalam ring lawan untuk mendapatkan poin. Teknik ini merupakan teknik yang sangat penting dalam bermain bola basket. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk melakukan shooting diantaranya:

  • Menembak dengan teknik set shoot (posisi berdiri diam ditempat) dengan satu tangan
  • Menembak dengan teknik set shoot dengan dua tangan
  • Menembak dengan teknik jump shoot (disertai dengan lompatan)
  • Menembak dengan teknik lay up (dengan gerakan lari, langkah, dan loncatan)

5. Teknik rebound

Teknik rebound adalah teknik mengambil bola basket yang gagal masuk ring lawan. Teknik rebound merupakan teknik dasar permainan bola basket yang dapat membuat tambahan poin dari tembakan/lemparan temanmu yang gagal. Ada 2 tipe rebound, yaitu rebound ofensif dan rebound defensif. Rebound ofensif adalah teknik mengambil bola dari lemparan (shooting) teman yang gagal dan mencoba untuk memasukkan bola ke dalam ring lagi. Sedangkan rebound defensif adalah teknik mengambil bola dari lemparan lawan yang gagal masuk ke dalam ring agar lawan tidak memiliki peluang untuk mencoba memasukkan bola lagi ke dalam ring. Menguasai teknik rebound akan menyelamatkan tim dari kekalahan dan berpeluang untuk melakukan counter attack.


Demikian 5 teknik dasar permainan bola basket

Baca juga

Post a Comment for "5 Teknik dasar permainan bola basket"