Macam-macam Teknik Passing Bola Basket beserta penjelasannya

Pengertian dan Macam-macam Teknik Passing Bola Basket

Bola basket merupakan permainan bola yang dilakukan oleh dua tim dan di setiap timnya terdiri dari 5 orang. Dalam satu pertandingan dilakukan 2 babak. Untuk memenangkan pertandingan bola basket, setiap pemain harus bisa menguasai teknik-teknik bola basket dengan baik. Terutama teknik passing.

Teknik passing dalam bola basket adalah suatu teknik yang dilakukan untuk mengumpan bola basket ke taman satu timnya. Passing biasanya dilakukan dengan satu tangan ataupun dua tangan. Berikut ini adalah beberapa macam teknik passing dalam bola basket:

1. Chest pass (operan dada)


macam-macam passing bola basket

Chest pass adalah teknik mengoper yang dilakukan dengan mengangkat bola di depan dada kemudian mendorongnya dengan kuat dan cepat ke arah teman satu tim. Chest pass ini merupakan teknik mengoper yang sangat cepat dan tepat sehingga cocok dan efektif digunakan  untuk mengoper saat tidak ada lawan yang menghalangi antara pengoper bola dan penerima bola.

2. Bounce pass

macam-macam passing bola basket

Bounce pass adalah teknik passing yang dilakukan dengan memantulkan bola ke lantai. Hal ini bertujuan untuk mengecoh lawan dan menghindari lawan yang akan membendung dan merebut bola tersebut. Bounce pass biasa dilakukan ketika ada penghalang di antara pengoper dan penerima bola.

3. Overhead pass

macam-macam passing bola basket

Overhead pass adalah teknik passing yang dilakukan dengan cara memegang bola diatas kepala kemudian melempar teman satu tim yang sedang tidak dijaga dengan ketat. Overhead pass ini sangat berguna untuk menghindari sambaran dari lawan yang berada tepat di depan kita. Teknik overhead pass ini umumnya digunakan ketika postur tubuh pengoper dan penerima lebih tinggi dari pemain lawan yang menghadang.

4. Baseball pass

macam-macam passing bola basket

Baseball pass adalah teknik passing jarak jauh yang dilakukan menggunakan satu tangan. Operan ini kurang akurat ketika dilempar ke arah yang di tuju (teman satu tim), tapi operan ini bisa digunakan untuk serangan balik cepat ketika pemain lawan belum kembali ke daerah pertahanannya.

5. Back pass


Back pass adalah teknik passing Cang dilakukan menggunakan satu tangan dari arah belakang punggung. Operan ini biasanya digunakan untuk menyerang dan menerobos pertahanan lawan secara cepat. Teknik back pass ini bisa digunakan dengan baik ketika pengoper dan penerima baik berada pada jarak yang dekat.

Demikian pengertian tentang passing bola basket dan macam-macam nya, semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin belajar tentang bola basket. Sekian terima kasih 😊😊😉

Baca juga



4 comments for "Macam-macam Teknik Passing Bola Basket beserta penjelasannya"

bayu 4 November 2018 at 01:09 Delete Comment
makasih atas infonya
tapi kalo boleh kasih saran, harusnya penjelasan passingnya dilengkapi dengan cara melakukannya dengan jelas.
Alfan Siswanto 12 November 2018 at 16:26 Delete Comment
Iya makasih sarannya
Unknown 15 September 2019 at 19:51 Delete Comment
Oke dan sangat membantu
Unknown 17 September 2019 at 18:37 Delete Comment
Terima kasih atas bantuannya