Pengertian rebound bola basket beserta cara melakukannya

Pengertian Rebound Bola Basket beserta Cara Melakukannya


pengertian rebound bola basket beserta cara melakukannya

Bola basket merupakan permainan bola yang dilakukan oleh dua tim dan di setiap timnya terdiri dari 5 orang. Dalam satu pertandingan dilakukan 2 babak. Untuk memenangkan pertandingan bola basket, setiap pemain harus bisa menguasai teknik-teknik bola basket dengan baik. Terutama teknik rebound.

Rebound adalah teknik mengambil bola yang berasal dari tembakan yang gagal masuk ring basket. Pemain yang biasanya melakukan rebound adalah pemain yang berada pada posisi power forward dan center. Pemain yang memiliki postur tubuh yang lebih tinggi dan besar akan berpeluang besar mendapatkan bola rebound.

Ada 2 macam teknik rebound dalam bola basket, yaitu:
Offensive rebound, yaitu rebound yang berhasil dilakukan ketika pemain satu timnya gagal melakukan shooting.
Defensif rebound adalah rebound yang terjadi ketika pemain mendapatkan bola yang berasal dari pantulan bola yang gagal dimasukkan oleh pemain lawan

Untuk dapat melakukan rebound yang benar dan tepat, pemain harus melakukan langkah demi langkah dengan benar. Berikut langkah-langkah bagaimana cara melakukan rebound:

  1. Buka kedua kaki dan lutut agak sedikit ditekuk untuk bersiap melakukan lompatan.
  2. Saat bola datang lompat setinggi mungkin dengan bantuan ayunan tangan
  3. Ketika melompat (berada di udara) badan dalam keadaan lurus dan kedua tangan lurus keatas siap menangkap bola
  4. Pandangan mata harus fokus ke arah datangnya bola
  5. Saat bola berada pada jangkauan, tangkap bola dan tarik ke depan dada untuk menghindari dari sergapan lawan.
  6. Lakukan pendaratan dengan sempurna, kaki rileks dan tidak kaku
pengertian rebound bola basket beserta cara melakukannya


Langkah-langkah diatas akan dapat dilakukan dengan baik jika pemain rutin melakukan latihan. Untuk dapat mendapatkan bola rebound dan memanfaatkannya dengan baik perlu melakukan beberapa latihan seperti berikut:

Latihan menyentuh ring basket
Latihan ini mudah dilakukan dan berguna untuk membuat lompatan lebih tinggi dan tepat sasaran. Cara melakukan latihan ini yaitu dengan melakukan lompatan setinggi mungkin dan kemudian menyentuh ring basket.

Latihan tips
Cara melakukan latihan tips adalah dengan memantulkan bola menggunakan tangan kiri sambil melompat. Dan pantulan terakhir dapat dilakukan tembakan ke ring. Kemudian lakukan latihan yang sama menggunakan tangan kanan. Lakukan pengontrolan bola yang baik.

Latihan box out.
Cara latihan rebound yang satu ini dapat meminta bantuan 2 orang temanmu. Caranya cukup mudah yaitu, satu orang melakukan tembakan ke ring dan 2 orang lainnya berada di bawah ring. Jika tembakan tidak masuk maka 2 orang tersebut dapat melakukan rebound kemudian pivot setelah mendapatkan bola, atau bisa langsung melakukan tembakan.

Cara-cara  tersebut dapat dilakukan dengan mudah untuk meningkatkan kemampuan rebound. Lakukan litahan tersebut secara rutin untuk benar-benar menguasai rebound. Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat dan selamat berlatih.. Baca juga:

1 comment for "Pengertian rebound bola basket beserta cara melakukannya"

Anonymous 21 November 2018 at 09:02 Delete Comment
artikel anda tentang rebound bola basket sangat lengkap, diulas dengan sistematis. ini sangat membantu saya yang pemula.
cara melakukan shooting bola basket