Posisi Pemain Bola Basket beserta Tugasnya

Posisi pemain bola basket dan tugasnya


Bola basket merupakan permainan bola yang dilakukan oleh dua tim dan di setiap timnya terdiri dari 5 orang. Dalam satu pertandingan dilakukan 2 babak. Untuk memenangkan pertandingan bola basket, setiap pemain harus bisa menguasai teknik-teknik bola basket dengan baik. Selain menguasai teknik, setiap pemain juga wajib mengetahui tugas dan peran posisi yang dimainkannya.

Setiap pemain wajib mengetahui tugas dan peran posisi yang dimainkannya, karena jika tidak dapat mengetahui hal tersebut dapat di pastikan kalau pemain tersebut tidak dapat bermain dengan baik, bahkan dapat merusak permainan tim. Oleh karena itu setiap pemain profesional wajiw mengetahui tugas dan peran posisi pemain bola basket.
posisi pemain bola basket dan tugasnya

Terdapat 3 posisi dalam bermain bola basket, yaitu sebagai berikut:
Guard, guard terdiri dari dua macam yaitu point guard dan shooting guard
Forward, forward juga ada 2 macam yaitu small forward dan power forward
Center

Berikut ini posisi pemain bola basket beserta fungsinya

Guard

Point guard adalah posisi pemain bola basket yang memiliki tugas utama sebagai pengatur permainan, baik mengatur pertahanan maupun mengatur penyerangan. Tapi tugas yang paling banyak diberikan oleh posisi point guard adalah sebagai assist yaitu untuk mengoper bola ke depan agar dapat mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam ring .

Shooting Guard adalah seorang pemain basket yang memiliki tugas utama untuk memasukkan bola ke dalam ring. Untuk posisi ini pelatih memilih pemain yang memiliki akurasi tembakan uang baik agar tidak membuang peluang yang percuma. Selain itu postur tubuh yang tinggi dan kecepatan juga merupakan hal yang harus dipertimbangkan untuk posisi ini.

Posisi Forward

Small forward adalah posisi pemain yang bervariasi, untuk menempati posisi ini pemain harus memiliki kemampuan dribble, passing, dan shooting yang baik. Dalam keadaan menyerang biasanya berada di dekat garis key hole yang kemudian akan melakukan penetrasi ke daerah lawan dan kemudian memberi umpan ke teman atau langsung melakukan tembakan ke ring.

Power forward adalah pemain yang biasa berada di bawah ring baik dalam kondisi bertahan atau menyerang. Pemain yang menempati posisi power forward biasanya memiliki postur tubuh yang tinggi, hal ini bertujuan agar bola rebound dapat di ambil dengan mudah atau dapat menghalangi lawan saat bola rebound.

Posisi center

Center adalah pemain yang memiliki tugas bertahan saat terjadi serangan. Pemain yang menempati posisi center biasanya memiliki tubuh yang paling besar dan tinggi dalam suatu tim. Posisi center merupakan posisi yang paling sering melakukan pelanggaran karena bagi posisi center melakukan pelanggaran merupakan strategi yang harus dilakukan dalam keadaan tertentu.

Jadi selain melakukan kerja sama yang baik, setiap pemain juga harus berada pada posisi yang di tentukan dan melakukan tugasnya dengan baik. Jika setiap pemain tidak berdaya dalam posisinya dan tidak melakukan tugasnya maka permainan satu tim akan hancur tidak teratur.

Baca juga:

1 comment for "Posisi Pemain Bola Basket beserta Tugasnya"

Firman Winardi 29 August 2019 at 02:36 Delete Comment
Kalo backcourt sama frontcourt dalam posisi pemain basket itu masuknya kaya posisi forward & guard kah?